/* Label Tag By Goindoti */

2 Cara Mengembalikan File Android Yang Terhapus Akibat di FORMAT


2 Cara Mengembalikan File Android Yang Terhapus Akibat di FORMAT – Data yang tersimpan di dalam Android memang tidak nampak secara kasat mata, berbeda dengan barang berharga lainnya yang memiliki bentuk dan masa (berat) namun meski begitu data tersebut bisa jauh lebih penting di bandingkan dengan barang besar yang kita simpan di rumah. data tersebut bisa berupa foto, informasi kontak, atau note dan catatan mengenai Informasi bisnis anda.

Cara mengembalikan File Android Yang Terhapus

Pada dasarnya secara umum Android memiliki 3 media penyimpanan yang terpisah, masing-masing media penyimpanan tersebut memiliki tugas dan kapasitas masing-masing sehingga kita perlu melakukan penggolongan spesifikasi data yang kita simpan secara tersusun. misalnya untuk menyimpan informasi kontak dan SMS di sarankan di simpan di dalam memory internal dan lebih baik lagi kita mensinkronkannya dengan akun google drive, dropbox dan cloud storage lainnya agar data tersebut tersimpan secara aman, selain aman menyimpan informasi / data secara online juga dapat mempermudah kita dalam melakukan pemindahan data tersebut saat kita berganti HP Android. Tindakan sederhana itulah yang patut dan perlu kita lakukan agar data kita aman.

Namun meskipun beberapa preventive sudah di lakukan dalam upaya melindungi data pribadi kita, tetap saja banyak kejadian file android terhapus hal tersebut bisa terjadi akibat beberapa aktifitas seperti: 

Sengaja menghapus – tidak sedikit kejadian seseorang dengan sengaja menghapus data karena ingin membuat androidnya lebih besar memorinya sehingga performance lebih cepat, namun sesaat file data / aplikasi tersebut justru mereka malah bingung dan panik akibat ikut terhapusnya data penting yang sebelumnya tidak mereka sadari.

Gagal rooting – Proses rooting adalah suatu tindakan melakukan perubahaan android pada sisi bagian software agar kita dapat masuk dan mengkases secara penuh data yang tersimpan pada android, pada dasarnya rooting ini tidak di perbolehkan secara resmi oleh pihak perusahaan pembuat android. proses rooting yang gagal akan menyebabkan android hang, bootloop bahkan dapat menyebabkan Android mati secara total dengan demikian kemungkinan besar akan terjadi kehilangan data.

Format – atau biasa kita sebut dengan istilah FACTORY RESET proses ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi HP (android) ke posisi semula saat awal kita baru membeli Android dari TOKO, jika sebelumnya sudah banyak tersimpan data maka dengan factory reset ini semua data akan di hapus kembali.

Flashing – Ada 2 jenis tipe flashing yang perlu kita ketahui salah 1 dari efek flashing yang harus anda amati ialah proses flashing secara total yang dapat menghapus keberadaan file-file anda secara total.

Penggunaan Aplikasi Kunci Galeri android – Terkadang kita tidak puas dengan fasilitas kunci bawaan android yang hanya dapat mengunci android dari sisi akses utama (pattern lock, PIN), biasanya user akan mendownload aplikasi pihak ke 3, prinsip dari aplikasi tersebut ialah mengenkripsi file-file yang di kunci sehingga tidak dapat di buka tanpa menggunakan aplikasi pembaca, hal inilah yang menyebabkan anda kehilangan data (meski tidak terhapus) akibat tidak di lakukan un enkrip ulang saat menguninstall aplikasi itu.

OS Rusak – kerusakan pada Operating sistem sebetulnya tidak akan menghapus file utama, namun dengan adanya kerusakan pada sisi OS dapat menyebabkan file ikut terhapus akibat tidak dapat di terjemahkan.

Virus – layaknya virus yang berjalan di PC (windows) virus yang kini mulai banyak di dapati pada android juga dapat menyebabkan file kesayangan anda terhapus, karena pada prinsipnya cara kerja virus ialah merubah file secara format bahkan menghapus secara permanen untuk mengatasinya anda bisa mencoba: 9 Anti Virus Android Terbaik Cepat Deteksi Virus 2016

2 cara mengembalikan Data android yang terhapus

Lantas jika file di Android saya terhapus dapatkah di kembalikan ??

ISTANA PONSEL kali ini membawa kabar baik, Admin akan memberikan 2 cara mengembalikan data android yang terhapus dalam 2 metode yang pertama dengan menggunakan PC dan yang ke 2 dengan cara menggunakan Aplikasi Gratis.

1. Cara mengembalikan data dan file-file android terhapus dengan PC

Sobat Istana Ponsel untuk mengembalikan data android yang terhapus kita memerlukan aplikasi PC yang bernama Recuva, Aplikasi yang dapat di install pada OS windows ini cukup powerfull dalam mengembalikan semua data yang terhapus pada memory card. Hampir semua orang kini menggunakan aplikasi recuva untuk membantu mengembalikan file mereka yang sudah terhapus bukan hanya di gunakan untuk android namun sudah banyak sekali di gunakan untuk keperluan mengembalikan / restore file di HDD.


Nah kalo orang lain menggunakan aplikasi ini, tentu saja saya juga selalu menggunakan recuva, bukan karena mengikuti orang lain tetapi karena fiturnya yang memang terbukti dapat mengembalikan data-data yang terhapus secara sukses dan berikut caranya:

Sebelumnya perlu kita mendownload aplikasi recuva dari situs resminya (Download Recuva), jika sudah di download silahkan install aplikasi tersebut di laptop / PC kesayangan Anda.

  1. Hubungkan android anda ke PC dalam mode penyimpanan data / storage saya sarankan gunakan card reader jika sobat ingin mengembalikan file yang terdapat pada memory  card (micro SD) mengapa ?? karena dengan menggunakan card reader proses pengembalian data yang terhapus bisa lebih cepat di bandingkan dengan langsung menggunakan USB.
  2. Pastikan memory atau storage sudah terdeteksi oleh komputer.
  3. 3.  Buka aplikasi recuva yang sudah di install melalui shortcut yang tersedia di desktop, jika tidak tersedia di desktop anda bisa membukanya melalui C:\Program Files\Recuva\recuva.exe
  4. 4.  Saat pertama kali di buka recuva akan menanyakan jenis file apa saja yang akan kita restore untuk di kembalikan, silahkan pilih foto,document atau all files jika anda ingin merestore semua data yang terhapus pada drive memory card
  5. Kemudian pilih opsi drive mana yang akan kita scan untuk di restore pada pilihan “In a Spesific location” klik browse untuk memilih drive –> kemudian klik next –> checklist pilihan menu deep scan agar proses scan bisa lebih cepat dan komplit
  6. Klik start untuk memulai proses scan sampai selesai, silahkan anda tunggu. Setelah proses scan selesai maka anda akan melihat file-file anda yang sebelumnya sudah terhapus. gunakan preview untuk melihat informasi file tersebut atau anda gunakan Info untuk melihat lokasi dimana file yang sudah terhapus tersebut berada sebelumnya
  7. Untuk mengembalikan file tersebut anda hanya perlu mencheklist beberapa file yang hendak di kembalikan, kemudian Klik kanan ‘Recover checked’ maka file tersebut akan kembali, atau jika ingin mengembalikan semua file yang terhapus silahkan klik pada tulisan file name kemudian klik lagi recoveri
    Cara mengembalikan data Android yang Terhapus
  8. Saat anda meng klik menu recover akan ada jendela popup keluar, silahkan anda pilih file tersebut akan di kembalikan ke drive dan folder mana.
  9. Setelah data dan file foto serta video kembali silahkan anda copy atau isikan kembali ke memory card anda
Itulah cara mengembalikan File yang terhapus pada memory card android dengan menggunakan PC dan Aplikasi RECUVA.


Jika Android sobat sudah pernah di lakukan Rooting, Admin mempunyai cara ke 2 yang lebih mudah dalam mengembalikan file ndroid yang tidak sengaja terhapus.

2. Cara Mengembalikan File, foto, Video, yang terhapus di Android dengan Aplikasi

Cara yang ke 2 untuk mengembalikan file android yang terhapus bisa di lakukan langsung dari Android, cara ini mengharuskan Android di ROOT terlebih dulu, jika HP sobat sebelumnya belum pernah di root sobat bisa mencoba aplikasi root hanya 1 klik yang sebelumnya pernah Admin sharing.

Cara ini lebih simple di bandingkan cara yang pertama karena di lakukan langsung pada android sobat, selain itu hasil recovery bisa langsung di kembalikan ke memory Internal HP.


Ada 3 Aplikasi yang biasa kami gunakan untuk recover data android, semua aplikasi tersebut dapat kalian download melalui playstore secara gratis.

1. Undeleter recover file dan data
Aplikasi ini di kembangkan oleh Fahrbot PRI sungguh sangat powerfull dan selalu update, bahkan meski baru keluar OS Android versi 7 aplikasi ini sudah di update agar support.

Berikut fitur-fitur yang tersedia:

  • Mengembalikan file dari memori yang terformat atau rusak partisi
  • mengembalikan file yang dihapus semua jenis dan ukuran dari penyimpanan internal, kartu SD, Sampai media OTG
  • Recover dokumen, gambar/Foto , video, musik, arsip, ebooks
  • Menscan dan menampilkan log panggilan, SMS dan WhatsApp yang terhapus
  • File yang terhapus dapat di kembalikan serta dapat langsung di simpan ke Cloud storage Dropbox, Google drive
  • menghapus file (secara permanen menghapus) yang di anggap tidak penting

Cara mengembalikan data android yang terhapus dengan aplikasi Undeleter recover file dan data
  1. Download aplikasinya di Google Play Store
  2. Install dan buka aplikasinya.
  3. Pastikan android sobat sudah di root dan Saat meminta akses root, silahkan tekan izinkan.
  4. pilih menu Restore file atau Restore data (seperti SMS) 
  5. Pilih drive mana yang akan di scan dan di kembalikan datanya
  6. Setelah itu kita akan di hadapkan pada 2 pilihan Journal scan dan deep scan, silahkan anda pilih ‘Deep Scan’ agar dapat memilih file mana saja yang akan di kembalikan
  7. klik scan
  8. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses deep scan selesai dan menampilkan file yang pernah di hapus pada drive yang sedang kita scan
  9. Setelah proses scan selesai 100% silahkan teliti dan perhatikan file mana saja yang anda rasa penting dan ingin di kembalikan
  10. Untuk mengembalikannya silahkan tekan restore Item Logonya seperti gambar save (Floppy disk) 
  11. Silahkan ulangi sampai semua data anda selesai di restore
Cukup mudah bukan, baiklah kita langsung melanjut ke Aplikasi ke 2

2. Disk Digger undelete


Aplikasi ke dua ini di kembangkan oleh Defiant Technologies, LLC sudah terdownload 61,520 hingga kini melalui catatan google play store, aplikasi ini banyak memberikan kisah sukses hususnya dalam mengembalikan file android yang terhapus, meski demikian aplikasi ini tetap dapat di gunakan secara gratis. Aplikasi ini dapat di gunakan untuk mengembalikan file khususnya Gambar (PNG,JPG), Video (MP4)
Untuk dapat menggunakan Aplikasi ini Android pertama kali harus di lakukan rooting berikut cara mengembalikan / restore file android dengan Disk Digger undelete

  1. Download aplikasinya terlebih dulu langsung dari PlayStore
  2. Buka aplikasi nya dan akan muncul notifikasi yang mengharuskan anda mengizinkan akses root (izinkan)
  3. Saat pertama kali di buka aplikasi akan menampilkan Promo untuk Upgrade to Pro silahkan lakukan jika ingin menggunakan aplikasi FULL jika tidak silahkan klik no thanks.
  4. berikutnya pilih drive memory Internal atau External ( Micro SD) yang akan di scan untuk di pulihkan
  5. Pilih format file yang hendak di kembalikan bisa JPG, MP4 dan format lainnya silahkan sesuaikan sesuai kebutuhan kemudian tekan OK 
  6. Aplikasi akan memulai proses scanning file pada drive tersebut
  7. Setelah proses scaning selesai file yang dapat di pulihkan akan di tampilkan
  8. Pilih file yang akan di kembalikan tekan menu Save local 
    Mengembalikan data Android dengan Disk Digger
  9. Ulangi langkah tersebut sampai semua data anda kembali
Itulah tahap mengembalikan file terhapus di android dengan Dig Digger

3. Dumpster – Recycle Bin

Pada dasarnya android sebenarnya menggunakan sistem operasi yang sama dengan PC yaitu Linux, Linux sendiri bekerja seperti PC yang memiliki recyle bin atau tempat sampah sementara file yang di hapus sebelum di hapus permanen, Cara kerja aplikasi ini ialah mengembalikan file dan data yang di hapus dan masih tersimpan di bagian recyle atau biasa di sebut cache kalo bahasa android.

Jika data sobat yang terhapus masih berada di recyle ini mungkin bisa di lakukan restore secara cepat, tetapi jika sobat sudah menghapusnya secara permanen bisa menggunakan 2 aplikasi yang sebelumnya saya tulis di atas.

Cara mengembalikan file di recycle bin pada android
  1. Download terlebih dulu aplikasinya di Dumpster – recycle bin di playstore
  2. Install aplikasinya kemudian buka
  3. Saat pertama kali membuka aplikasi ini seperti biasa kita akan di hadapkan dengan pilihan format file yang akan kita kembalikan, silahkan anda sesuaikan dengan kebutuhan anda 
  4. Jadi nantinya semua file akan di kategorikan dan di tampung dalam folder yang di buat oleh dumpster.
  5. Silahkan sobat cari folder tersebut sesuai dengan kriteria yang di inginkan 
    Mengembalikan data android yang hilang
  6. Jika file tersebut sobat rasa sudah tidak di perlukan lagi silahkan dellete secara permanen karena banyaknya file yang tidak di perlukan akan membuat Kinerja android sobat menjadi lemot baca: Tips atasi android lemot
Nah Sobat Istana Ponsel tidak terasa sudah 2 Jam lebih saya menulis di sini semoga tulisan saya Ini dapat bermanfaat khususnya untuk Sobat yang yang ingin mengembalikan data android terhapus karena tidak atau memang di sengaja =D.
Terima kasih telah membaca artikel tentang 2 Cara Mengembalikan File Android Yang Terhapus Akibat di FORMAT di blog ISTANA PHONE CELL jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Recent Post

Recent Posts Widget

Sponsor

 
-->